Oleh: bm56 | April 26, 2012

Jawa Barat Menanti Wajar Tanpa Pengecualian

Saat ini, seluruh Pemerintah Daerah, sedang menanti dengan rasa was-was hasil pemeriksaan BPK RI atas Laporan  Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2011, apakah hasilnya WTP, WDP, Tidak Wajar atau Penolakan Pendapat (Disclaimer).Sebenarnya,  bagi Pemerintah Daerah yang sudah menerapkan Sistem Penegndalian Intern Pemerintah(SPIP) dalam proses pengelolaan keuangan daerah tidak perlu khawatir, karena Laporan Keuangan yang dihasilkan adalah Laporan Keuangan yang handal.
Khusus untuk jawa Barat, hasil pemeriksaan Laporan Keuangan 2010, menunjukkan bahwa tidak ada satu Pemda yang memperoleh hasil Wajar Tanpa Pengecualian. Dari 27 Pemda (termasuk Propinsi), 26 Pemda Wajar dengan Pengecualian dan 1 Pemda Disclaimer (tidak memberikan pendapat).
Permasalahan yang dominan adalah masalah pengelolaan Barang Milik Daerah. Masalahnya adalah tidak dapat ditelusuri dari caatatan ke fisik atau ada perbedaan Jumlah menurut catatan dan fisiknya.
Permasalahan tersebut bisa selusuri melalui inventarisasi untuk seluruh Barang Daerah. Dengan hasil inventarisasi diharapkan selisih bisa teruai dan dijelaskan dalam laporan keuangan. Bila dapat dijelaskan dalam laporan keuangan, BPK mudah untuk meyakinkannya atas jumlah dan keberadaan aktiva tetap tersebut.
Sebelum diperiksa oleh BPK, sesuai PP NO 8 Tahun 2006 tentang Laporan Keuangan dan Kinerja, Laporan Keuangan Pemda direviu dulu oleh Inspektorat dan bila ada permasalahan langsung diperbaiki.
Dari beberapa masalah yang timbul disebebkan kurangnya informasi yang diberikan oleh petugas Pemda atas permasalahan yang ditanyakan oleh BPK. Hal ini tantangan bagi Inspektorat, karena seharusnya Inspektorat dapat mengawal audit BPK, agar setiap permasalahan yang timbul dilapangan dapat segera diselesaikan tidak perlu menunggu sampai dengan Laporan BPK terbit

Semoga salah satu atau beberapa Pemda di jawa Barat dapat memperoleh WTP dari BPK untuk tahun anggaran 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: