Oleh: bm56 | Juni 10, 2010

DANA ASPIRASI RP 15 MILYAR

Ide yang diluncurkan Partai golkar tentang dana aspirasi bagi anggota DPR sebesar Rp 15 milyar mendapat kecaman dari berbagai pihak baik dari Partai yang berkoalisi dengan golkar maupun yang tidak berkoalisi. Menurut Golkar dana tersebut diperlukan untuk pembangunan di daerah-daerah terpencil yang selama ini kurang mendapat perhatian.
Tujuan tersebut bagus, tetapi mekanismenya mau bagaimana? Apakah uang tersebut akan diabawa sendiri oleh anggota dewan ke daerah pemilihan atau ditransfer atas nama anggota dewan dan siapa yang bertanggung jawab atas penggunaan uang tersebut? Kalau tidak jelas mekanismenya akan rawan korupsi.

Berkaitan dengan program-program pembangunan sudah ada mekanismenya, yaitu perencanaan pembangunan nasional lima tahun kedepan tertuang dalam RPJMN ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dan untuk daerah-daerah ada RPJMD. Antara RPJMN dan RPJMD harus ada keterkaitan.

Untuk tiap tahunnnya, sebagai penjabaran dari RPJM dibuat perencanaan tahunan baik pemerintah pusat maupun daerah membuat Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Antara Rencana Kerja Pemerintah Pusat dan Daerah harus saling berkait. Dari RKP tersebutlah disusun APBN/APBD.
Menurut pendapat saya bahwa program-program pembangunan harus melalaui mekanisme perencanaan yang sdh ditetapkan sebagaimana disebut di atas. Jadi sebelum menetapakan angka 15 M, apa programnya? dan programnya harus direncanakan melalalui mekanisme seperti di atas.
Mengenai penyaluran dana ke Daerah sdh ada mekanismenya, yaitu melalui Dana Alokasi Umum (DAU)dan Dana Alokasi Khusus(DAK). Untuk DAU dan DAK akan tertuang dalam APBD.
Mengenai hubungan perencanaan daerah dan pusat memang masih bermasalah khususnya berkaitan dengan keselarasan program, tetapi jalan keluarnya bukan membuat mekanisme yang rawan korupsi.
Saya menyarankan kepada anggota DPR, agar mengambil langkah-langkah sesuai mekanisme keuangan negara sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: