Oleh: bm56 | September 24, 2009

Pemberantasan Korupsi

Korupsi di negeri tercinta Indonesia sudah merupakan penyakit menular yang sudah merambat keseluruh sendi kehidupan masyarakat. Perilaku korupsi untuk setiap kelompok masyarakat adalah berbeda-beda, namun kelompok masyarakat yang melakukan perilaku tersebut tidak menyadari bahwa hal itu merupakan penyumbang terbesar untuk terjadinya korupsi, bahkan mungkin itu sudah termasuk korupsi. Untuk lingkungan pegawai negeri, sering terjadi melakukan tindakan-tindakan yang sifatnya melanggar prosedur keuangan negara untuk kepentingan pelaksanaan program tertentu. Untuk sektor pelayanan publik, masih banyak pegawai negeri yang menggunakan pelayanan publik sebagai sarana penambahan penghasilan. Untuk sektor pendidikan yang mana mempunyai fungsi untuk SDM bangsa, juga sdh terkena virus korupsi, juga demikian untuk sektor hukum yang menangani penegakan hukum, juga sdh terkena virus korupsi, misanya kasus jaksa Urip.
Dilingkungan masyarakat juga, belum memberikan sangsi sosial yang keras terhadap mereka yang melakukan prilaku korupsi, tidak seperti kepda terorist. Kondisi ini disebabkan bahwa paham materialisme sudah merasuk kehidupan masyarakat, sehingga yang mereka hargai adalah kebendaan belaka. Agama yang mereka anut tidak membentuk jiwanya, karena memaknai ibadah hanya sekedar rutinitas belaka.
Dengan kondisi di atas bahwa pemberantasan korupsi harus dilakukan secara komprenhensif yaitu semua masyarakat harus terlibat, tidak cukup dengan Lembaga-lembaga yang ada yaitu KPK, KEJAKSAAN, Kepolisian, BPK, BPKP, ITJEN, Inspektorat Kota/Kabupaten dan Inspektorat Provinsi. Koordinasi penanganan korupsi diantara lembaga tersebut masih lemah.
Pada saat ini tim yang dibentuk Presiden sedang mencari 3 pimpinan sementara KPK yang akan diusulkan Presiden. Untuk itu mari kita dukung seraya berdoa semoga akan mendapatkan 3 pimpinan KPK yang betul komitment terhadap pemberantasan korupsi. Yang paling penting jangan sampai korruptor nyaman tinggal di Indonesia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: